- Silahkan untuk Bapak/Ibu Konselor yang kebetulan mengajar di jenjang Sekolah Menengan Atas Sederajat, kini telah hadir dan kami bagikan secara gratis Panduan BK Sekolah Menengan Atas 2016 Revisi Final dari DITJEN GTK dalam format PDF.
Ini bisa dijadikan penunjang dan panduan dalam membuatkan serta berhasilnya Program Kerja BK SMA serta makin jelasnya eksistensi & Tupoksi BK pada Sekolah. Maka menurut itu segera dimiliki buat dibaca lebih dalam lagi mengenai arsip didalamnya.
Sebelum ini mungkin yg diliris itu yaitu Permendikbud No.111 Tahun 2014 perihal Bimbingan dan Konseling, menjadi gantinya gres diliris pulang kini ini tertentu dari DITJEN GTK. Panduan ini berisi pemahaman karakteriktik akseptor didik, perencanaan kegiatan bimbingan dan konseling, aplikasi layanan bimbingan dan konseling, dan penilaian pelaporan serta tindak lanjut.
Adapun buat daftar isi menurut arsip ini antara lain :
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Rasional
B. Dasar Hukum
C. Hakekat Bimbingan & Konseling
D. Tujuan
E. Pengguna
BAB II PEMAHAMAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK/KONSELI
A. Karakteritik Peserta Didik/Konseli
1. Aspek Fisik
2. Aspek Kognitif
tiga. Aspek Sosial
4. Aspek Emosi
5. Aspek Moral
6. Aspek Religius
B. Tugas Perkembangan Peserta Didik/Konseli Sekolah Menengah Atas
C. Keterkaitan Tugas Perkembangan & Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik
D. Teknik-teknik Pemahaman Peserta Didik/Konseli
1. Teknik Tes
2. Teknik Non Tes
E. Pemanfaatan Data Hasil Asesmen buat Memahami Peserta Didik/Konseli
BAB III PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Tahap Persiapan (Planning) Perencanaan Program
1. Melakukan asesmen kebutuhan
2. Mendapatkan sumbangan pimpinan & komite sekolah
tiga. Menetapkan dasar perencanaan layanan
B. Tahap Perancangan ( Designing)
1. Penyusunan Program Tahunan Bimbingan dan Konseling
2. Penyusunan Program Semesteran Bimbingan & Konseling
BAB IV PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Ruang Lingkup dan Pelaksana Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA
B. Layanan Langsung
1. Konseling Individual
dua. Konseling Kelompok
3. Bimbingan grup
4. Bimbingan Klasikal
lima. Bimbingan Kelas Besar/Lintas Kelas
6. Konsultasi
7. Kolaborasi
8. Alih Tangan Kasus
9. Kunjungan Rumah
10.Layanan Advokasi
11.Konferensi Kasus
C. Layanan Melalui Media
1. Papan Bimbingan
dua. Kotak Masalah
3. Leaflet
4. Pengembangan Media Bimbingan & Konseling
D. Peminatan Peserta didik/konseli
1. Pengertian
2. Tujuan
3. Langkah-langkah
4. Waktu Penetapan Peminatan
lima. Tugas & Tanggung Jawab Para Pihak terkait
E. Kegiatan Administrasi 88
1. Pelaksanaan & Tindak lanjut Assesmen Kebutuhan
2. Penyusunan & Pelaporan Program Bimbingan dan Konseling
tiga. Pelaksanaan Administrasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling
F. Kegiatan Tambahan & Pengembangan Keprofesian Pengajar Bimbingan & Konseling atau Konselor
1. Kegiatan Tambahan
dua. Keprofesian Guru bimbingan dan konseling atau konselor
BAB V EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT
A. Evaluasi
1. Pengertian Evaluasi
2. Tujuan Evaluasi
tiga. Jenis Evaluasi
4. Langkah-langkah Evaluasi
5. Kriteria Keberhasilan Program
B. Pelaporan
1. Pengertian
2. Tujuan
tiga. Langkah-langkah Penyusunan Laporan
4. Sistematika Laporan
C. Tindak Lanjut
1. Pengertian Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas
2. Tujan
3. Langkah-langkah Tindak Lanjut
BAB VI PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Untuk lebih konfiden dan jelasnya lagi tentang arsip ini, silahkan di Download saja melalui link yg telah kami sediakan dibawah ini :
- Download Panduan BK Sekolah Menengan Atas 2016 Revisi Final DITJEN GTK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar