Minggu, 06 Maret 2022

Buku Prakarya Kelas 8 Revisi 2017 Pdf

Kembali berjumpa dengan kami Team . Meskipun buat saat ini sudah banyak sekolah yg memiliki Cetakan Buku Pelajaran Prakarya Pegangan Guru dan Siswa Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017, tetapi buat sebagian sekolah tidak memiliki pada format mentahnya atau pada bentuk file.

  • Download Buku Guru Prakarya Kelas 8 Revisi 2017 Semester 1 KLIK DISINI
  • Download Buku Guru Prakarya Kelas 8 Revisi 2017 Semester 2 KLIK DISINI

 Meskipun untuk ketika ini sudah banyak sekolah yang mempunyai Cetakan Buku Pelajaran Prakar Buku Prakarya Kelas 8 Revisi 2017 PDF

Sekilas Tentang Buku Prakarya Kelas 8 Revisi 2017 PDF

Buku dalam bentuk file ini bisa bapak/ibu pergunakan dalam setiap pertemuan memakai perangkat komputer dalam pembelajaran di kelas. Hal ini berkaitan dengan pemanfaatan teknologi dalam setiap mata pelajaran khususnya tuntunan Kurikulum 2013.

Sesuai dengan Buku Guru Prakarya Kelas 8 Revisi 2017 PDF yang ada didalam sambutannya Mata pelajaran Prakarya bertujuan untuk menyebarkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar.

Prakarya pula adalah ilmu terapan yang mengaplikasikan poly sekali bidang ilmu pengetahuan buat menyelesaikan problem mudah yg secara langsung menghipnotis kehidupan kita sehari-hari.

Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk SMP/MTs kelas VIII meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Berdasarkan keempat aspek tersebut para siswa diperlukan bisa untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar. Buku Prakarya SMP/MTs kelas VIII ini merupakan edisi revisi yang disusun dengan mengacu kepada Kurikulum 2013 yang telah disempurnakan, baik Kompetensi Inti maupun Kompetensi Dasar.

Untuk membantu guru memahami materi Prakarya yang ada di buku siswa Prakarya SMP/MTs Kelas VIII maka pengorganisasian materi buku ini dibentuk sederhana semoga gampang dipahami. Oleh sebab itu, Buku Guru Prakarya SMP/MTs Kelas VIII disusun dengan pembelajaran berbasis aktivitas.

Pada setiap babnya diuraikan perihal Kompetensi Inti & Kompetensi Dasar, peta materi, tujuan pembelajaran secara generik, dan langkah-langkah pembelajaran. Pada langkah-langkah pembelajaran dijabarkan dalam beberapa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan beberapa rendezvous. Adapun, disetiap RPP per pertemuan berisi klarifikasi yang mencakup berita buat guru, konsep umum, proses pembelajaran, interaksi menggunakan orang tua, pengayaan, remedial dan evaluasi.

Pembahasan materi pada RPP disetiap pertemuan dijelaskan secara rinci dan komunikatif mencakup metode, cara memotivasi murid semoga aktif pada pembelajaran dan pembelajaran yang berekplorasi dengan lingkungannya, maupun penggunaan media pembelajaran, dan cara melaksanakan evaluasi.

Ruang lingkup mata pelajaran Prakarya mempunyai 4 aspek, yaitu:

1. Kerajinan

Kerajinan mampu dikaitkan dengan kerja tangan yang akhirnya adalah benda untuk memenuhi tuntutan kepuasan pandangan estetika -ergonomis, dengan simbol budaya, kebutuhan tata upacara dan kepercayaan (theory of magic and relligy), & benda fungsional yg dikaitkan menggunakan nilai pendidikan dalam mekanisme pembuatannya. Lingkup ini mampu digali menurut potensi lokal, seni terap (applied art), & desain kekinian (modernisme dan postmodernisme).

Dua. Rekayasa

Rekayasa terkait menggunakan beberapa kemampuan: merancang, merekonstruksi dan menciptakan benda produk yang berguna dalam kehidupan sehari-hari menggunakan pendekatan pemecahan perkara. Sebagai contoh, rekayasa penyambungan balok kayu buat menciptakan susunan (konstruksi) kerangka atap rumah, harus dilakukan menggunakan prinsip ketepatan semoga susunan rumah nir mudah runtuh. Lingkup ini memerlukan kesatuan pikir & kecekatan tangan menciptakan susunan menunjuk pada: berpikir kreatif, praktis, efektif, ketepatan & ekonomis dan berpikir prediktif.

Tiga. Budi daya

Budi daya berpangkal pada cultivation, yaitu suatu usaha buat menambah, menumbuhkan, & mewujudkan benda atau makhluk hayati semoga lebih akbar/tumbuh & berkembang biak. Kinerja ini membutuhkan perasaan seolah dirinya pembudi daya. Prinsip pembinaan rasa dalam kinerja budidaya ini akan menunjukkan hayati pada tanaman atau fauna, namu,n dalam bekerja diperlukan sistem yang berjalan rutin atau prosedural. Manfaat edukatif teknologi kecerdikan daya ini yaitu training perasaan, pelatihan kemampuan memahami pertumbuhan & menyatukan menggunakan alam (ecosystem) menjadi murid yang berpikir sistematis dari potensi kearifan lokal.

4. Pengolahan

Pengolahan ialah menciptakan, menciptakan materi dasar menjadi benda produk jadi, semoga mampu dimanfaatkan. Pada prinsipnya kerja pengolahan yaitu mengubah benda mentah sebagai produk jadi pangan yang mempunyai nilai tambah melalui teknik pengelolaan misalnya: mencampur, mengawetkan, dan memodifikasi, sehingga membuat produk pengolahan pangan. Manfaat edukatif teknologi pengolahan bagi pengembangan kepribadian siswa yaitu training rasa yg sanggup dikorelasikan dalam kehidupan sehari-hari, sistematis yang dipadukan menggunakan pikiran serta prakarya.

Dalam mata pelajaran Prakarya ini minimal Pengajar harus menentukan dua Aspek untuk diajarkan kepada siswa pada sekolah, Hal itu pula diadaptasi dengan Potensi setiap Daerahnya terutama dalam pemanfaatan potensi ketersiadaan indera & materi serta wahana yg ada dilingkungan kurang lebih.

Bentuk Penilaian Pengetahuan, Keterampilan, & Sikap Mata Pelajaran Prakarya

Penilaian output berguru siswa meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yg dilakukan secara utuh & komprehensif. Cakupan evaluasi merujuk dalam ruang lingkup materi, kompetensi mata pelajaran, dan proses. Adapun bentuk & teknik evaluasi mampu mengacu pada silabus, karena pada pada silabus telah ditentukan jenis & teknik penilaian untuk ketercapaian setiap Kompetensi Dasar (KD). Pada mata pelajaran Prakarya bentuk dan teknik evaluasi yang digunakan buat evaluasi kompetensi pengetahuan, keterampilan, & sikap sebagai berikut.

A. Penilaian Kompetensi Pengetahuan

Pada mata pelajaran Prakarya guru menilai kompetensi pengetahuan melalui tes verbal dan penugasan.

  • Penilaian penugasan berupa pengamatan atau curah pendapat yang dikerjakan secara individu atau grup sesuai menggunakan ciri tugas. Contoh format penilaian sebagai berikut.

 Meskipun untuk ketika ini sudah banyak sekolah yang mempunyai Cetakan Buku Pelajaran Prakar Buku Prakarya Kelas 8 Revisi 2017 PDF

Kriteria :

  • Relevansi merujuk pada ketepatan atau keterhubungan fakta yang diamati dengan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Kompetensi Dasar/Tujuan Pembelajaran.
  • Kebahasaan membuktikan bagaimana siswa mendeskripsikan fakta- fakta yang dikumpulkan dalam bahasa tulis yang efektif (tata kata atau tata kalimat yang benar dan gampang dipahami).
  • Sikap memperlihatkan sikap/perilaku rasa ingin tahu, dan santun ketika melaksanakan wawancara dengan narasumber, dan berafiliasi antar teman dalam kelompok.
Rentang Skor : 1 – 4 - 1 = Kurang; 2 = Cukup; 3 = Baik; 4 = Sangat Baik

B. Penilaian Kompetensi Keterampilan

Pengajar menilai kompetensi keterampilan melalui evaluasi kinerja, yaitu penilaian yang menuntut anak didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan evaluasi praktik, proyek, dan evaluasi portofolio. Instrumen yang dipakai berupa daftar cek atau skala evaluasi (rating scale) yg dilengkapi rubrik.

  • Penilaian praktik adalah evaluasi yang menuntut respon berupa keterampilan melaksanakan suatu aktivitas, pembuatan karya/produk atau sikap sesuai dengan tuntutan kompetensi.
  • Projek adalah tugas-tugas berguru (learning tasks) yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun mulut dalam waktu tertentu serta evaluasi karya/ produk yang dihasilkan. Contoh format evaluasi praktik dan proyek  sebagai berikut.

Rubrik Penilaian Keterampilan Mata Pelajaran Prakarya

 Meskipun untuk ketika ini sudah banyak sekolah yang mempunyai Cetakan Buku Pelajaran Prakar Buku Prakarya Kelas 8 Revisi 2017 PDF

 Meskipun untuk ketika ini sudah banyak sekolah yang mempunyai Cetakan Buku Pelajaran Prakar Buku Prakarya Kelas 8 Revisi 2017 PDF

Rentang Skor: 1 ? 4 - 1 = Kurang; 2 = Cukup; tiga = Baik; 4 = Sangat Baik

  • Penilaian portofolio adalah evaluasi yang dilakukan dengan cara menilai kumpulan seluruh karya siswa dalam suatu kiprah tertentu yang bersifat reflektif-integratif untuk mengetahui perkembangan, dan kreativitas siswa dalam kurun waktu tertentu. Contohnya yaitu kumpulan banyak sekali evaluasi yaitu format evaluasi lisan, evaluasi observasi/pengamatan, evaluasi praktik, maupun evaluasi proyek pada uraian di atas.
C. Penilaian Kompetensi Sikap

Pengajar melaksanakan penilaian kompetensi perilaku melalui observasi, evaluasi diri, evaluasi antarsiswa (peer evaluation), dan jurnal. Instrumen yg digunakan buat observasi, penilaian diri, & evaluasi antarsiswa yaitu daftar cek atau skala evaluasi (rating scale) yg disertai rubrik, sedangkan dalam jurnal berupa catatan pendidik.

  • Observasi merupakan teknik evaluasi yang dilakukan secara berkesinambungan dengan memakai indra, baik secara pribadi maupun tidak pribadi dengan memakai pedoman observasi yang berisi sejumlah indikator sikap yang diamati.
  • Penilaian diri merupakan teknik evaluasi dengan cara meminta siswa untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen yang dipakai berupa lembar evaluasi diri.
  • Penilaian antarsiswa merupakan teknik evaluasi dengan cara meminta siswa untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang dipakai berupa lembar evaluasi antarsiswa. Berikut ini pola format evaluasi sikap untuk observasi/pengamatan (dilakukan oleh guru), evaluasi diri (dilakukan oleh siswa), dan evaluasi antar siswa (dilakukan oleh siswa).

 Meskipun untuk ketika ini sudah banyak sekolah yang mempunyai Cetakan Buku Pelajaran Prakar Buku Prakarya Kelas 8 Revisi 2017 PDF

Keterangan:

Rentang Skor : 1 ? Lima

1 = belum terlihat

dua = mulai terlihat

3 = Kadang-kadang terlihat

4 = Sering terlihat

lima = Sudah berkembang baik

Jurnal Penilaian Sikap Kurikulum 2013

Jurnal adalah catatan pengajar di dalam & pada luar kelas yg berisi berita output pengamatan perihal kekuatan dan kelemahan siswa yang berkaitan menggunakan perilaku dan perilaku. Contoh format jurnal menjadi berikut.

 Meskipun untuk ketika ini sudah banyak sekolah yang mempunyai Cetakan Buku Pelajaran Prakar Buku Prakarya Kelas 8 Revisi 2017 PDF

Instrumen penilaian pada melaksanakan penilaian Prakarya, wajib memenuhi persyaratan berikut.

  1. Substansi yang merepresentasikan kompetensi yang dinilai.
  2. Konstruksi yang memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan.
  3. Penggunaan bahasa yang baik dan benar serta komunikatif sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Tampilan Buku Prakarya Kelas 8 Revisi 2017

Itulah Informasi yang bisa kami bagikan mengenai Buku Prakarya Kelas 8 Revisi 2017 dalam format PDF yang bisa di dapatkan secara gratis. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar